Total Tayangan Halaman

Selasa, 25 April 2023

Sebuah Tawaran Konsep Relationship

 

Hai! Selamat membaca tulisanku lagi (bagi yang udah pernah baca).

Tahun ini adalah tahun ke 10 aku di pesantren. Lama banget ‘kan? Iya!

10 tahun di pesantren dapet apa? Banyak!

Pelajaran besar yang aku dapetin dari kehidupan pesantren selain basic moral dan keagamaan adalah tentang sosialisasi.

Buat kalian yang baca tulisan ini dan belom  pernah ngerasain kehidupan pesantren, aku mau kasih bocoran dikit. Di pesantren tuh kalian belajar bagaimana rasanya hidup mandiri dan berdampingan dengan teman teman dengan asal daerah dan latar belakang kehidupan yang berbeda. Tentunya dengan isi kepala yang berbeda. Paham ‘kan maksudnya? Intinya sih harus bisa saling mengerti.

Dari perjalanan selama aku di pesantren aku menemukan sebuah konsep “relationship”. Konsep ini aku temukan dari hasil observasi lingkungan sekitar, bertukar argumen, dan olah pikiran.

Jadi dulu banget pas aku masih jadi bocil SD dan belom masuk ke pesantren aku mikir bahwa aku tuh ga butuh temen. Nah alesannya tuh karena dulu aku sempet dimusuhin anak sekelas (bener bener sekelas sampe aku ga punya temen) dan mereka baik lagi ke aku pas ada ulangan bahasa Inggris. Dari sini aku mikir kalo temen tuh cuma benalu yang numpang hidup enak. kejadian itu bikin aku mikir kalo aku harus bisa melakukan semuanya sendiri biar aku ga butuh temen dan ga perlu jadi benalu kayak temen temenku yang lain. Karena menurutku jadi benalu tuh nyusahin, dan aku gamau nyusahin temen temenku.

Masa SD berakhir, aku menginjak usia remaja. Lulus SD aku masuk pesantren dan ketemu sama orang orang yang beda beda dari segi apapun. Awalnya aku agak susah beradaptasi karena aku termasuk introvert, energiku gampang terkuras buat sosialisasi. Aku tetep sering kemana mana sendirian karena pemikiranku tentang seorang teman belom berubah.  Seiring berjalannya waktu, aku mengobservasi lingkunganku. Ternyata semuanya bakal dateng ke kita pas mereka butuh kita. Dulu tuh aku nyebutnya “konco musiman”. Karena mereka seperti itu, jadi mau ga mau aku beradaptasi dan mengikuti “tradisi” yang ada. Secara otomatis aku juga jadi konco musiman karena aku mikir kalo kehidupan dunia memang seperti itu. Suatu hari aku menyadari bahwa ada beberapa temenku yang memang selalu ada dalam kondisi apapun di hidupku. Dari situ aku mikir “Jahat ga si kalo aku dateng ke mereka cuma pas butuh doang padahal mereka selalu ada buat aku kapanpun?” “Jahat ga si kalo mereka nganggep aku temen, tapi aku ga nganggep mereka temen?”. Pemikiranku berkembang lagi. Aku bener bener nge-filter temen temenku. Mana yang pantas disebut temen dan mana yang engga.

Pemikiran baruku membawaku pada titik dimana temenku cuma 2 biji doang pas SMA. Karena kalo aku udah ngerasa bahwa dia ga cocok buat disebut temen ya aku ga bakal lagi deketin dia kecuali cuma buat formalitas. Tapi pemikiranku ini bikin aku jadi ga punya banyak relasi.

Makin ke sini aku makin dewasa dan konsep relationship itu berubah lagi. Di masa kuliah aku mikir kalo temen itu kayak investasi. Karena kita bakal ngelakuin kebaikan ke temen kita dan berharap suatu saat kalo misal kita butuh kebaikan dia, dia mungkin bisa dateng buat nolong kita. Hingga suatu hari aku ketemu sama stranger dan ngobrolin tentang arti pertemanan. Stranger itu ga setuju sama konsep pertemananku. Menurut dia investasi itu ga selamanya untung dan bakal ada kemungkinan loss juga. Bahkan dia berpendapat kalo misal temen jadi salah satu instrumen investasi, kemungkinan dia bakal jadi instrumen dengan tipe high risk. Makanya temen tuh ga cocok kalo disamain kayak investasi. Dan aku akhirnya setuju sama pendapat dia.

Setelah merenungi kehidupan yang gini gini aja akhirnya aku menyadari bahwa konsep pertemanan dan konsep relationship tuh ga se-simple itu. Akhirnya aku menemukan sebuah konsep relationship yang pas menurutku. Dalam sirkel pertemanan, Relationship dibagi menjadi 3; Teman, relasi, kenalan.

Mari kita uraikan jenis jenis relationship tersebut.

Pertama, temen itu seperti halnya kita bersedekah. Kita akan ikhlas memberikan apapun yang kita punya tanpa mengharap imbalan. Kalo kita dapet perlakuan yang sama ya alhamdulillah, kalo engga yaudah itu udah konsekuensi kita. Sama seperti bersedekah, kita akan ikhlas bersedekah tanpa mengharap Allah akan ngasih kita pahala atau engga. Allah yang berhak ngatur itu, bukan ranah kita.

Kedua, relasi menurutku mirip kayak investasi. Jadi kita emang patut menaruh sebuah harapan baik buat kita kedepannya. Tapi balik lagi, yang namanya investasi pasti ada kemungkinan loss-nya juga. Selain menaruh harapan baik kepada relasi, kita juga harus inget bahwa ada kemungkinan kita loss.

Ketiga, kenalan tuh mirip kayak zakat menurutku. Dalam islam Allah mewajibkan kita berzakat untuk membersihkan diri kita. Selain itu, Allah juga mewajibkan kita untuk menjaga hubungan baik antar sesama manusia. Jadi, tentu saja kita harus berhubungan baik sama kenalan kita yakan?

Kayaknya sampe sini dulu deh. Semoga kalian yang baca tulisanku ini bisa paham konsep relationship yang aku yakini haha. Kalian boleh setuju dan boleh berpendapat lain.

Sebenernya banyak lagi hal hal yang aku dapetin selama di pesantren. Tapi aku ngerasa kayaknya cerita ini yang paling seru buat di-share ke pembaca.

Udah yaaaa

Thank you udah baca tulisan aku.

See yaaJ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar